ciri-ciri orang yang bertaqwa

Ciri-ciri orang yang bertaqwa menurut Al-quran
Continue reading

Posted in al-quran | Leave a comment

Install printer Epson L-100 di Ubuntu 12.04 LTS

berikut ini adalah cara-cara yg paling sederhana untuk menginstall driver printer Epson L-100 di Operating system Ubuntu versi 12.04 LTS (long time support)
Continue reading

Posted in Komputer | Leave a comment

Cegah rayap ala tempo doeloe

Sering kan lihat buku-buku kesayangan kita di dalam lemari termakan rayap..
ternyata ada lo tips nya dengan bahan alami untuk cegah rayap, tips ini sudah sejak lama hanya memang kita sering melewati nya. Continue reading

Posted in life theory | Leave a comment

Ufid dan Puasa Ramadhan

Mau tulis catatan gimana Ufid puasa neh…

Alhamdulillah Ufid termasuk yang mudah diajak puasa.

Ufid mulai belajar puasa di Ramadhan 1433H (Juli-Agustus 2012). Waktu itu Ufid umur 4,5 thn (masuk awal TK A). Awalnya belum ada rencana untuk ajak Ufid puasa penuh. Jadi 3-4 hari pertama Ramadhan ya biasa aja cobain sarapan terus makannya siang nanti lanjut puasa lagi (puasa bedug), tapi ya fleksibel klo lapar ya gak apa batal, klo di sekolah ga ada makan&minum. Nah hari ke 4 atau 5 Mama iseng ngajakin Ufid puasa penuh, klo kuat nanti dapat es krim. Eh ternyata Ufid bener2 tertantang. Mungkin juga karena Ufid termasuk susah makan (ga makan klo ga disuruh, hehe…) jadinya mudah untuk nahan lapar. Sahurnya bukan sebelum subuh tapi jam sarapan sekitar jam 6-7 pagi. Siangnya diajakin buka bedug tetep ga mau, maunya sampe magrib biar dapat es krim. Waduh Mama malah yang merasa bersalah neh, soalnya sarapannya cuma pake sereal dan susu (seperti biasanya sarapan Ufid klo mau sekolah). Hari itu Ufid berhasil puasa sampai magrib. Besoknya juga minta puasa penuh lagi dan juga minta nanti klo bisa dapat es krim, hehe… Hari itu lancar juga sampai magrib, tapi sahurnya tetap saat sarapan bukan sebelum subuh. Bulan Ramadhan 1433H itu Ufid dapat seitar 23-24 hari puasa sampai magrib (bolong sktr 6 hari itu awal puasa yang belum penuh sekitar 3-4 hari terus sekitar 2 hari tengah puasa Ufid ga enak badan). Tapi untuk sahur selalu jam sarapan jam 6-7 pagi bukan sebelum subuh karena masih kasihan mau ngajakin sahur sebelum subuh, perjuangan berat bangunkan Ufid. Continue reading

Posted in Dayyan Mufid Akram | Leave a comment

Tahu Acar / Mie Kopyok

Resep tahu acar ini dari mertuaku, kesukaan suamiku. Kalo di keluargaku biasanya ini disebut mie kopyok. Seger untuk camilan siang/sore hari, untuk buka puasa juga enak, seger. Cara membuatnya pun sederhana. Ada kenangan lain dengan masakan ini, oma Marlien (almh) suka dengan masakan ini. Di akhir hidupnya, waktu sulit makan, ini termasuk masakan yang diminta. Bahkan sehari sebelum Oma mulai ga sadar, beliau minta dibuatin ini, tapi karena setelah dibuat Oma ga sadar jadi yang makan yang jaga di RS deh. Ini neh resepnya.

Tahu Acar / Mie Kopyok

Bahan :

- Mie basah/mie telor, rebus, tiriskan
- Timun, bagi empat bagian, potong tipis
- Tahu dan tempe, potong kecil, goreng
- Kacang prol, goreng sampe kecoklatan
- Kecambah/tokolan, cuci bersih

Banyaknya sesuka kita aja

Kuah : Continue reading

Posted in favorite foods | Leave a comment

Khitan Ufid 3 Januari 2013

Alhamdulillah tgl 3 Januari 2012 Ufid dikhitan…

Khitan ini waktunya termasuk agak mendadak karena tidak direncanakan jauh hari untuk segera dilaksanakan.

Ufid punya masalah fimosis (lubang kecil, sehingga kotoran ga maksimal yang keluar dan menumpuk di dalam). Untungnya fimosis Ufid termasuk ringan, jadi ga banyak keluhan. Kalo yang parah biasanya langganan demam (bisa 1x dalam 1 bulan). Keluhan yang Ufid alami yaitu sering keluar sedikit pipis di celana dalamnya walaupun belum terlalu “kebelet pipis”. Kita bahasakannya “seulmit” Continue reading

Posted in Anak, Dayyan Mufid Akram | Leave a comment

Tsunami dan tanah pasca tsunami

Tsunami memang memberikan banyak kesedihan dan penderitaaan. Orang-orang tidak memiliki tempat tinggal akibat tersapu tsunami. Sanak saudara hilang entah kemana, harta benda habis tersapu ombak laut yang kencang, kesulitan air bersih, listrik yang terputus alirannya, dan komunikasi yang tidak lancar… dan lain lain.. Continue reading

Posted in life theory, technopedia | Leave a comment