Saus pasta

Resep saus pasta ini untuk melengkapi resep pizza sebelumnya. Apapun toppingnya ga lengkap tanpa saus pasta (menurutku sih). Saus pasta ini multi fungsi, bisa untuk spaghetti, pizza juga lasagna. Jadi aku sering bikin 1 resep ini  terus dipake seperlunya sisanya bisa disimpan di freezer, tahan lama kok. Jadi kalo tiba2 pingin makan spaghetti tinggal keluarkan dari freezer panaskan dan hidangkan, begitu juga untuk pizza. Kalo untuk lasagna biasanya 1 resep ini habis untuk 1 resep lasagna, besok kalo aku bikin lasagna pasti posting deh, yang kemarin2 belum pernah difoto sih.

SAUS PASTA

Bahan :
500 gr    daging sapi cincang
500 gr    tomat, tuang air panas, kupas kulitnya, cincang halus
100 gr    bawang bombay, cincang
3 siung   bawang putih, memarkan, cincang
150 gr    tomat, kupas kulit, blender (pengganti tomat pasta, boleh juga pake tomat pasta kaleng)
2 sdm     mentega (untuk menumis)
2 sdm     gula pasir
50 ml     air
1 sdt       oregano
½ sdt    basil
Garam secukupnya
Merica secukupnya

Cara membuat :
–    Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu dan harum.
–    Masukkan daging cincang, masak hingga berubah warna
–    Masukkan tomat cincang dan tomat blender, tambahkan air, masak hingga mendidih
–    Masukkan gula, garam, merica, oregano, basil, aduk rata
–    Masak hingga air menyusut dan kental

Untuk spaghetti :

Rebus spaghetti, tiriskan.  Letakkan saus pasta diatasnya (bisa juga dicampur antara sphagetti dan saus pasta di wajan), taburi keju cheddar parut. Makan dengan saus tomat/saus sambal. Hidangkan selagi panas.

12 thoughts on “Saus pasta”

  1. wah… cukup mudah tuh kyknya. tapi kalo ngga pake oregano sama basil boleh ngga ya? agak sulit menemukannya. makasih…!!

  2. thank’s sist resepnya….
    ada ga resep yg gampang d praktekin,sy punya oven komplit but tetep aja baru coz ga tau apa yg bs d masak dg oven.masakan yg simple n mudah.hiks hiks…lebay.com maklum saya baru pindah dr indonesia n skg sy tinggal d belgia.jd binggung masak apa.thanks

  3. Sya suka skali mkn+buat yg namax mkan itali..khususx spageti+pizza..hmm..yummy..cuman kdang suka masalah dgn sausx..tp dgn resep ini..jdi oke neh kyakx..btw dit4ku blum pernah liat dijual oregano & daun basil..klo ga’ pake rasax jdi kurang ‘itali’ kali ya?!

    1. Oregano dan daun basil itu rempah-rempah khas italia. Klo ga pake oregano aromanya kurang sedap deh, ga seperti saus pasta yang biasa kita beli. gampang kok nyarinya. di supermarket juga banyak. menurut saya lebih penting oregano daripada daun basil, karena aromanya lebih sedap dan lebih khas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>