Brownies Kukus Tepung Ketan

brokus-ketan.JPG

Resep ini cukup menarik karena tidak memakai tepung terigu sedikit pun. Resep ini didapat dari buku kumpulan resep cake dan kue karangan sisca susanto dengan bahan dasar tepung ketan/tepung beras (disponsori oleh rose brand). Ukuran aku modif sedikit. Jarang sekali aku dapat resep cake tanpa tepung terigu, jadi tertarik untuk mencoba, apalagi ayahku kurang sepakat dengan ketergantungan tepung terigu maklum negara kita kan bukan penghasil terigu. Menurutku hasilnya lebih enak dibanding brownies kukus yang aku buat, lebih padat tapi juga lembut. Aku hanya buat 3/4 resep dan aku modif tambah DCC. Ini neh resep yang aku buat :

Bahan A :
5 kuning telur
3 putih telur
150 gr gula pasir
1 sdt emulsifier

Bahan B :
80 gr tepung ketan
30 gr coklat bubuk
1//2 sdt baking powder
(bahan B dicampur rata)

Bahan C :
90 gr margarin
75 gr dark cooking chocolate
(bahan C dilelehkan, bisa di tim atau langsung di atas api)

Taburan : Meses coklat

Cara membuat :
– Siapkan loyang, alasi kertas dan olesi margarin
– Panaskan dandang
– Kocok bahan A sampai mengembang dan kental
– Masukkan bahan B sambil diayak, aduk rata
– Masukkan bahan C, aduk rata
– Tuang sebagian (setengah) adonan ke loyang, kukus dalam dandang yang sudah menghasilkan uap panas dan tutup diberi serbet supaya air tidak menetes dengan api sedang selama 10 menit.
– Buka tutup dandang, taburi meses coklat (loyang tetep ditaruh di dandang), tuang sisa adonan di atas meses. Kukus selama 15-25 menit (sampai matang).

16 thoughts on “Brownies Kukus Tepung Ketan”

  1. ada resep bolu kukus pake tepung beras gak… saya penasaran dengan bolkus tetanggaku yang teksturnya beda dgn bolkus sponge … lebih padat halus dan gak masir

  2. @mbak anne: makasih sudah mampir dan mau cobain resepnya. saya juga sudah buka blog mbak, menarik2 juga resepnya, patut saya coba juga :)

  3. anakku lagi coba2 buat kue dari tepung ketan, ternyata gagal. buka2 resep ada resep brownis dari tep ketan, perlu juga di coba dari pada bahan mubazir dibuang? coba dulu ah………….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>